Apa Itu Komunikasi
Sebuah jaringan kompleks sebagai perangkat yang
terhubung di Internet, atau yang sederhana seperti
dua komputer secara langsung terhubung satu sama
lain dengan media transmisi kabel atau non kabel.
Jaringan dapat bervariasi dalam ukuran, bentuk,dan fungsi.
Agar komunikasi terjadi, Perangkat harus tahu “bagaimana” untuk berkomunikasi. Orang bertukar ide menggunakan banyak metode komunikasi yang berbeda.
Terlepas dari metode yang dipilih, semua metode
komunikasi memiliki tiga unsur kesamaan.
1. Sumber pesan atau pengirim. Sumber pesan
adalah orang atau perangkat elektronik.
2. Tujuan, atau penerima, pesan.
3. Saluran, terdiri dari media yang menyediakan
jalur di mana pesan perjalanan dari sumber ke
tujuan.
Komunikasi dimulai dengan pesan atau informasi yang
harus dikirim dari sumber ke tujuan.
▪ Pengiriman pesan ini, apakah dengan komunikasi tatap
muka atau melalui jaringan, diatur oleh aturan yang
disebut protokol.
▪ Protokol ini khusus untuk jenis metode komunikasi
yang terjadi.
▪ Dalam komunikasi pribadi sehari-hari kita, aturan yang
kita gunakan untuk berkomunikasi melalui satu media,
seperti panggilan telepon, Belum tentu sama dengan
protokol untuk menggunakan media lain, seperti
mengirim surat.
Menetapkan Kaidah/Peraturan
1. Pengirim dan penerima yang telah diidentifikasi atau dikenali2. Metode komunikasi yang telah disepakati (antarmuka, telepon, surat, foto/gambar)
3. Bahasa yang umum dan tata bahasa
4. Kecepatan dan penetapan waktu pada pengiriman
5. Konfirmasi atau pengakuan persyaratan
Format Pesan dan Encapsulasi
Contoh : Surat pribadi yang berisi unsur-unsur berikut :1. Identitas penerima
2. Salam atau pembuka
3. Isi surat
4. Kalimat penutup
5. Identitas pengirim
Protocol & Standar Jaringan
Referensi Model OSI
Referensi Model OSI
“Open” dalam OSI adalah untuk menyatakan model jaringan yang melakukan interkoneksi tanpa memandang perangkat keras/“hardware” yang digunakan, sepanjang tatacara komunikasinya sesuai dengan standar. Hal ini secara tidak langsung menimbulkan “modularity”(dapat dibongkar pasang). “Modularity” mengacu pada pertukaran protokol di layer tertentu tanpa mempengaruhi atau merusak hubungan atau fungsi dari layer lainnya.
Modularity
Seperti contoh Jasa Antar/Kurir. “Modularity” pada level transportasi menyatakan bahwa tidak penting, bagaimana cara paket sampai ke pesawat. Paket untuk sampai di pesawat, dapat dikirim melalui truk atau kapal. Masing-masing cara tersebut, pengirim tetap mengirimkan dan berharap paket tersebut sampai di Toronto. Pesawat terbang membawa paket ke Toronto tanpa memperhatikan bagaimana paket tersebut sampai di pesawat itu.
Referensi Blog OSI
The Seven Layers of the OSI Model
Physical Layer
Lapisan ini mentransmisikan serangkaian bit yang
merupakan kombinasi dari angka 0 dan 1 melalui
media transmisi.Hanya bisa digunakan untuk penyedia jalur
sinyal data saja, tanpa bertanggungjawab jika
terjadi kerusakan data.
Contoh Protokol dan layanan : RS 232, ethernet, dll
Mendefinisikan karakteristik dari media yang
digunakan, meliputi:
1. Jenis media (Coaxial, UTP, fiber optik, wireless)
2. Jenis sinyal (Analog/digital).
3. Konektor (RJ 45, BNC).
4. Metode encode/decode sinyal data.
Data pada lapisan ini berbentuk sinyal data.
Perangkat Physical Layer
DATA LINK LAYER
▪ Lapisan ini menyediakan link untuk data, memaketkannya menjadi frame. ▪ Menyediakan komunikasi dari node ke node. ▪ Melakukan error control dan flow control ▪ Contoh Protokol dan layanan : MAC, IEEE 802.2/3, HDLC, Frame Relay, PPP, ATM, dll.ARP (Address Resolution Protocol)
Penting bagi kita untuk mengetahui apa saja peranan dari protokol ARP ini. Oleh karena itu, berikut saya jabarkan sedikit apa saja fungsi serta peran dari Protokol ARP.1. Peran protokol ARP ini sangat penting dalam jaringan, terutama mengenai komunikasi data yang terjadi dalam jaringan. Setiap host yang tergabung atau terhubung dalam sebuah jaringan LAN saling berkomunikasi menggunakan alamat fisik (Mac Address) dan tidak menggunakan alamat logis (IP Address).
2. Dikatakan pada poin nomor satu, bahwa setiap Host berkomunikasi menggunakan alamat fisik (Mac Address). Jadi, mau tidak mau setiap sebuah Host yang ingin berkomunikasi dengan Host lain harus mengetahui Mac Address yang dimiliki oleh Host tujuannya tersebut.
3. Lalu bagaimana sebuah Host bisa mendapatkan informasi mengenai Mac Address dari Host tujuannya? Jawabannya adalah pada tahapan transfer data. Sebelum sebuah data diberikan Mac address, terlebih dahulu data tersebut diberi alamat logis berupa IP Address. IP address yang ditambahkan ini merupakan IP address dari Host pengirim dan Host penerima.
4. Baru kemudian menentukan alamat fisik atau Mac Address dari Host tujuan. Nah, apabila belum diketahui alamat fisiknya, mau tidak mau harus dicari terlebih dahulu. Disinilah peran protokol ARP, dengan memanfaatkan informasi IP address Host tujuan yang ada, maka Host pengirim melakukan pencarian dengan menugaskan Protokol ARP.
RARP (Reverse Address Resolution Protocol)
RARP (Reverse Address Resolution Protocol) adalah protokol yang bertugas untuk menemukan IP address suatu host yang hanya tahu Hardware address-nya saja (misal pada diskless machine). Host akan mengirim paket berikut alamat MAC-nya secara broadcast, untuk meminta alamat IP yang sesuai. RARP server akan menjawab paket tersebut, sehingga alamat IP akan teridentifikasi.
Contoh untuk server yang memberikan no IP adalah DHCP server (Dynamic Host Confguration Control) paket broadcast tersebut di kirim beserta dengan Mac Address dari si pengirim. Sever DHCP yang mendengar request tersebut akan menjawabnya dengan memberikan no IP dan waktu pinjam ( Liase Time ) bila liase time sudah habis / komputer di offkan maka no IP tersebut akan di ambil kembali oleh DHCP server dan di berikan kepada komputer lain yang membutuhkannya.
ICMP (Internet Control Message Protocol)
ICMP adalah kependekan dari Internet Control Message Protocol. ICMP merupakan bagian dari Internet Protocol. ICMP digunakan peralatan-peralatan yg terhubung melalui jaringan internet untuk keperluan analisa jaringan. Penggunaan ICMP yang terkenal adalah ping dan traceroute.
Pada ping komputer A akan mengirimkan ICMP echo request ke komputer B. Komputer B kemudian akan membalas ICMP echo replay. Komputer A akan menghitung lama waktu antara pengiriman ICMP request dan penerimaan ICMP reply.
Pada traceroute komputer A akan menganalisa jalur yang dipakai untuk menuju B. Komputer A akan mengirimkan ICMP echo request dan hasilnya adalah daftar sejumlah router yang digunakan untuk mencapai B lengkap dengan informasi waktu yg dibutuhkan untuk mencapai setiap routernya.
ICMP juga digunakan untuk memberikan pesan error jika suatu layanan (service) yang diminta tidak ada, atau jika komputer atau router yang berusaha dicapai tidak dapat dihubungi.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Adalah sebuah protokol untuk melakukan akses antara client dan server. Client dan server masing-masing salaing menerima dan menjawab request keduanya.
FTP (File Transfer Protocol)
Adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Adalah seperangkat pedoman komunikasi yang memungkinkan perangkat lunak untuk mengirimkan email melalui Internet.
IMAP4 (Internet Message Access Protocol 4)
Adalah hampir sama dengan POP3. Bedanya, IMAP4 bisa dikonfigurasi untuk mendownload hanya header saja yang berisi nama atau alamat pengirim beserta subjectnya dan user dapat memilih email mana yang mau di download untuk dibaca yang berfungsi untuk meminimalkan biaya download data.
POP3 (Post Office Protocol version 3)
Adalah sebuah protokol mail standar yang digunakan untuk menerima email dari server jauh ke klien email lokal.
No comments:
Post a Comment
Menuju Tak Terbatas Dan Melampaui nya